Home » , » Batu Cinta di Situ Patenggang

Batu Cinta di Situ Patenggang

Written By Isti on Wednesday, 7 November 2012 | 16:51

Sebenarnya banyak sekali wisata alam yang ada di Jawa Barat yang bisa dinikmati bersama keluarga ataupun bersama orang terkasih. Buat saya, jalan-jalan itu enaknya rame-rame, soalnya kalo sendirian engga ada teman ngobrol. Selain itu, engga ada yang motoin. susah memang menghadapi penyakit #NarsisAkut yang saya miliki.Hehe... Kalo mau minta tolong, rada-rada malu, kecuali dianya juga mau minta tolong motoin. Impas deh!

Danau dengan hampatan kebun teh dan suasana pegunungan

Situ Patenggang berada di Ciwidey, Bandung Selatan. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Sebuah danau yang dikelilingi oleh hamparan kebun teh dan suasana pegunungan yang sejuk menjadikan tempat ini sebagai pelepas lelah.

Di kawasan ini ada batu cinta yang mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam. Ki Santang dan Dewi Rengganis, mereka berpisah untuk sekian lama. Cinta mereka yang begitu dalam, dan mereka pun saling mencari dan akhirnya dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara/Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka. Kamu mau coba bersama pasangan? Manatau cinta kalian menjadi abadi seperti legenda diatas. :)

 Menuju ke Batu Cinta

Kalau mau kesana, kamu dapat melakukan perjalanan pertama ke Ciwidey, Setelah melewati Ciwidey, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata seperti Kawah Putih (Kawah Putih), Ranca Upas, Cimanggu dan Ranca Walini sebelum kamu tiba di Situ patengan. Ada persimpangan saat memasuki daerah Perkebunan Teh Rancabali, pilih yang ke kiri. Jarak dari Kota Bandung ke patengan Danau sekitar 50 km. Anda dapat memilih jalan tol Kopo atau Moh. Toha. Lanjutkan perjalanan kamu menuju selatan melalui Soreang.

Ini dia gaya narsisnya.. :D




SHARE

About Isti

18 comments :

  1. Kisah Legendanya sangat menarik sekali.

    ReplyDelete
  2. udah pernah ke situ patenggang tapi nggak nyeberang ke batu cinta.. waktu itu puasa sih, sepi.. kapal-kapalnya banyak yang lagi di-cat

    ReplyDelete
  3. Kisah cintanya Ki Santang dan Dewi Rengganis dalam bgt ya, sedalam danau-nya. Hehehe...

    Kamu gk suka template yg warnanya hitam ya?
    Hmm... klo gitu akan saya pertimbangkan saran kamu. Makasih udah ngasih saran di blogku.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Haha..
    Gua belum gauel kalau gua belum Mampir Ke blog yang Sebagus Ini..:D
    nice info ya gan..
    Silahkan berkunjung kembali ke my blogs ya..

    ReplyDelete
  5. ceritanya romantis bgt hehehehehehehe.....

    Salam persahabatan sll dr Menone

    ReplyDelete
  6. indonesia banyak kok alam yg indah... tinggal pemerintah aja yg membangun infrastruktur pendukung

    ReplyDelete
  7. Jadi penasaran nih sama pulau cinta berbentuk hatinya :)
    ternyata indonesia punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi ya.

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. Situ Patenggang memang indah dengan pemandangannya..
    jika dari tempat tinggal saya kira-kira 3 jam sampai Situ Patenggang...

    ReplyDelete
  9. Di Situ Patenggang ada batu cinta ya??? Ada nggak situ yang ada "batu galau"-nya :lol:

    ReplyDelete
  10. wah si embak bergaya narsis nih ye salam kenla mbak

    ReplyDelete
  11. Saya pernah kesana tahun 2008, pemandangannya benar2 indah.
    Jajanannya juga murah-murah, ini penting, klo jalan pasti jadinya laper :)

    ReplyDelete
  12. wah kayaknya belum pernah kesini nih

    ReplyDelete
  13. Semoga ada umur panjang untuk berwisata kesana.

    ReplyDelete
  14. sejak tinggal di Bandung sampai udah keluar dari Bandung, masih belum kesampaian buat main ke Situ Patenggang. :3

    ReplyDelete
  15. mantaaaappppppppppppppppppppppp...
    smoga suatu hari saya bisa melancong ke sana
    amin

    ReplyDelete
  16. Belum pernah kesana... kalau melihat liputan dan poto mb isti, keknya bisa menjadi tempat rekomen nih. Tapi ya itu, ti, kalau sendirian juga males kesana. Enaknya sebangsa darmawisata gitu kali ya. Rame-rame bareng rombongan naik bis pariwisata, nyanyi n gitaran bareng, main tebak-tebakan.. nah kalo gitu baru tu seru banget..

    ReplyDelete
  17. Saya ga tahu kalau di Ciwidey ternyata ada danau ini
    Yang saya tahu hanya kawah putih

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ^_^