Home » , » Jakarta vs Kuala Lumpur

Jakarta vs Kuala Lumpur

Written By Isti on Tuesday 13 March 2012 | 21:25


Pertama kali menginjakkan kaki di Kuala Lumpur, saya takjub sama airportnya yang keren banget. Sudah banyak perubahan sejak 6 tahun lalu terakhir saya kesana. Yang buat gugup, ketika saya harus naik kereta api untuk ke bagian migrasinya. Masa sih harus naik kereta api masih di wilayah yang sama? Saya masih rada gengsi untuk bertanya, tapi daripada saya tersesat di airport kan gak lucu. Akhirnya, dengan membuang semua rasa tengsin, saya bertanya kepada ibu-ibu yang kebetulan duduknya disebelah saya ketika di pesawat. "Migrasinya dimana ya,bu?" tanya saya. Lalu dia menyarankan untuk mengikutinya karena tujuan kami sama.


Desain Airport Kuala Lumpur memang keren, dan modern. Berada di dalamnya serasa berada di mall. Lalu sayapun membayangkan airport di Jakarta yang saya rasa jauh lebih "sederhana". Tapi syukurlah ketika saya sedang menunggu di Ruang Tunggu, saya melihat desain baru airport Cengkareng akan di renovasi. Kita tunggu saja hasilnya. ;)

Dari airport saya langsung ke acara Consumers International yang diadakan di Holliday Villa Subang. Saya memesan taksi di counter taksi yang ada di depan pintu keluar bandara. Ongkos taksi 64.5 Ringgit sudah termasuk biaya tol.

Tidak banyak yang bisa saya nikmati selama perjalanan dari aiport ke Subang, karena pikiran saya masih fokus pada pertemuan tersebut. Saya memulai "pengamatan" saya ketika acara sudah selesai dan waktunya untuk have fun tiba.

Kebetulan ketika saya datang, anak-anak sekolah sudah libur. Mungkin ini yang menyebabkan jalanan tidak macet. Padahal kata supir taksi jika hari normal, Kuala Lumpur itu macet dan supir taksi pada males buat narik. Terus terang saja, taksi di Jakarta masih lebih bagus daripada taksi di Kuala Lumpur. Saya bandingkan, taksi disana itu mungkin sekelas taksi Sepakat yang ada di Jakarta. Sudah pada tua dan usang.

Tapi mereka memiliki transportasi publik yang memadai. Seperti bus yang murah dan nyaman serta kereta api yang tanpa desak-desakan. Busnya yang memakai AC hanya dikenakan 2 ringgit. Saya membanyangkan betapa 'penatnya' naik bus Kopaja di Jakarta. Asap knalpot yang tebal, berdiri dengan penuh sesak dengan berbagai aroma tak sedap. Akh, andaikan Pemerintah mau menyediakan transportasi publik yang murah dan nyaman, pasti Jakarta tidak macet seperti sekarang. Waktu yang katanya uang tidak akan terbuang sia-sia.

Di Kuala Lumpur sendiri hampir disetiap rumah memiliki 2-3 mobil. Tapi kok di jalanan tidak semacet Jakarta ya? Lalu saya pun menelisik jumlah penduduk Kuala Lumpur dan Jakarta. Penduduk Jakarta yang datang dari pinggiran Jakarta mencapai 7 juta di jam kerja. Ini berbeda dengan Kuala Lumpur yang memiliki penduduk lebih sedikit. Selain itu, dengan adanya transportasi publik yang murah dan nyaman, kadang mereka lebih memilih naik kendaraan umum daripada bawa mobil sendiri.

Orang Malaysia memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap produk dalam negerinya. Jadi, mobil mereka sebagian besar itu Proton Saga,dll. Saya malah gak melihat mobil Honda Jazz disana. Padahal mobil sekelas Honda Jazz, Toyota Yaris pada seliweran di jalanan kota Jakarta. Walau mereka punya mobil, biasanya mobil mereka bukan mobil mewah. Saya melihat banyak mobil Daihatsu Ceria disana. Padahal di Jakarta mobil semungil itu jarang sekali ada.

Ini hanya 'pengamatan' saya selama di Kuala Lumpur. Saya tidak melakukan riset apakah penduduk Jakarta lebih makmur dari Kuala Lumpur (bukan negaranya hanya perbandingan ibukota negaranya saja) atau sebaliknya.

Tunggu cerita lainnya tentang Kuala Lumpur ya..:)
SHARE

About Isti

39 comments :

  1. mbak daihatsu ceria dimalaysia disebut PRODUA Kancil adaptasi daihatsu ceria untuk Perusahaan Otomobil kedua Malaysia (PRODUA).. selain ceria banyak lagi model daihatsu di ubah menjadi PRODUA makanya Daihatsu dilarang jual mobil nya di malaysia...kecuali lori atau angkutan besar

    ReplyDelete
  2. Saya ke KL terakhir Nopember 17-18, tahun 2009 yang lalu saat ikut Youth Engagement Summit (YES), dan sudah liat liat Twin Towers dan Bandara SEPANG nya. KL memang keren, dan selalu saya harapkan untuk bisa datang lagi ke KL suatu hari nanti. Salam kenal ya. Salam Traveler. Izin Follow ya.


    Asep Haryono
    www.asepharyono.com
    simplyasep.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Perbedaan paling kontras adalah transportasi umumnya
    Kuala Lumpur 30 langkah lebih depan daripada Jakarta
    Menjengkelkan memang, tapi itu faktanya :mrgreen:

    ReplyDelete
  4. kl kecil bgd rasanya XD
    emng rasanya lebih maju tp klo udh tinggal
    bosen bgd, sea worldnya kecil mahal lagi

    ReplyDelete
  5. Aku ga suka KL. Well, sepintas terlihat lebih bagus, tapi kalau kita lihat lagi, jakarta masih jauh lebih bagus dari KL. Jalanan kita meskipun macet tapi lebih 'jelas' dan lebih rapih, penduduk kita lebih ramah, makanan kita lebih enak, barang2 kita jauh lebih murah, dan hotel dan mal di negeri kita lebih berkelas. Entahlah, aku udah ke KL 5x lebih, dan tetep merasa jakarta jauh lebih menarik dan menyenangkan dibanding KL :) dan, sorry to say, di KL juga banyak bangunan 'kumuh' dan sampah kok. Cintailah negeri kita yg lebih makmur dan lebih cantik :)

    ReplyDelete
  6. aku juga dah tinggl di kl setahun 2010,,aku rasa lebih menarik kota banmdung banyak irama dan seni kl monotan,,kalo masalah mobil ,bukan mreka cinta buatan sendiri,tapi harga mobil ato kete kata orang sana,buatan jepang mahal beb,honda jazz dijual 320jutaann sedang di jakarta 178juta hampir setengah harga,,avanza 250juta,dijkta 130jut,dan lucunya orang sana kridit mobil sampai 9 thunn,klo di jkarta 4 thun n byakan bli cash,

    ReplyDelete
    Replies
    1. i want to ask you
      you mencari rezeki kat malaysia
      and why you jeer malaysia and i report kepada pihak yang responsible
      i hope you go out from malaysia
      and for you all information
      KL merupakan city berkelah dunia Jakarta itu ok
      Proton also be kereta polis di Uk
      indonesia has this???
      i say "no" has

      Delete
    2. Ya betul kata kamu.. harga kereta d malaysia memang jauh lebih mahal dari indonesia.. tahu kerana apa? Ada beza dan sebab mengapa kenderaan di malaysia mahal, Kerajaan malaysia mementingkan keselamatan, quality dan premium, oleh kerana itu kenderaan di kl mahal membuatkannya berbeza dari negara lain.. malaysia adalah salah satu negara yang memiliki kenderaan paling selamat utk digunakan di dunia, sebut ja toyota camry, ford ranger, toyota altis, proton suprima s, etc.. kebanyakan kenderaan ini memiliki lebig dari tiga airbag dan badannya tidak lembik macam tin, beza kenderaan di negara lain terutama di indonesia dan filipina, kualiti kenderaan tidak lah begitu bagus tapi keselamatan masih ok.. saat ini, malaysia dan singapura lah negara yg memiliki kenderaan berkualiti dan paling selamat untuk digunakan.. tapi gst menambah beban lagi.. kenalah buang berapa ribu ringgit.. arghh.. tapi takpe, asalkan selamat san kerajaan ada eang lebih utk support negara.. cheers

      Delete
  7. ya sebelas 12 lah mobilmewah di jakarta lebih banyak lho

    ReplyDelete
  8. jika kita melihat sesebuah kota itu dengan nilai positive, kita akan dapat sisi positive dan begitu juga sebaliknya. kedatangan ke sesebuah kota hanya kerana mencari kelemahannya hanya menyerlahkan sikap iri kita. apa yg kita boleh dapat dgn sikap begini? hasilnya kita hanya terus tertinggal dan berbalik ke belakang.

    ReplyDelete
  9. benar apa yang kamu cakapkan Kino KINOLA, di malaysia ini harga mobil/kereta impor yang bukan buatan malaysia terlampau mahal. Ini semua karna kebodohan pemerintah malaysia yang mahu kaut keuntungan besar dengan meletakkan cukai yang tinggi pada kereta import. Kami rakyat malaysia terpaksa membeli kereta proton yang tidak berkualiti pada harga yang mahal. Kalian perlu tahu, kami tak punya sifat nasionalisma terhadap Proton karna kami tahu quality sesuatu produk.tapi oleh karna harga kereta terlalu mahal,ini memaksa kami membelinya. Pemimpin di malaysia ini banyak yang korup. aku sendiri sedih.

    ReplyDelete
  10. KL cuma lebih bersih dari jakarta

    ReplyDelete
  11. KL kota kecil dan sempit, makanya gampang diatur, kalaupun KL digabung sama johor ataupun putrajaya jauh lebih besar jakarta, dan sekarang jakarta juga sudah banyak berubah dengan hadirnya gedung2 baru, tapi bagaimanapun kita negara serumpun harus makmur2 dan keep peace...

    ReplyDelete
  12. aq smbilan tahun di mlsia... wlo gmn pun indo ttp klah jauh dgn mlysia.

    ReplyDelete
  13. aq smbilan tahun di mlsia... wlo gmn pun indo ttp klah jauh dgn mlysia.

    ReplyDelete
  14. setidaknya di Indo ga rasis tingkat parah kyk KL
    gw dah 1.5thn kul di sni tp kota rasis(cina india dan melayu) busuk dah gtu gada yg peduli, emang sih sekilas lebih bagus dan maju, tp hidup di sni ga lbih asik dari JKT malah enakan balik, mall2 jg bagusan JKT paleng murahan dikit dsini brandednya sih kadang cm kurang lebih hampir sama aja enaknya bs naek kereta aja sih kalo mau ke Bukit Bintang, dugem JKT asikan sni rada gmn gtu,,, biasa aja kesanya

    yahhh namanya jg kota kecil populasi 2 jt gampang la ngurusnya banding kota 10 jt kyk JKT yg kurang lebih mirip BKK

    ReplyDelete
  15. malaysia sangat jauh ke depan daripada indonesia

    ReplyDelete
  16. menurut aq mal d KL jauh lebih banyak dan lebih keren ketimbang d JKT.
    sperti The Pavillion mall,Mid Valley mega mall,Starhill Gallery mall,Fahrenheit mall,Suria klcc mall,berjaya times square mall dan banyak lagi

    ReplyDelete
  17. Kuala Lumpur lebih jauh modern kedepan berbanding Jakarta,tempatnya yang aman and makmur,cantik, nice view , kalau kamu di hotel cuba ngambil foto pada waktu malam di jendela , cantik banget tahu!! the view of the tallest twin tower :) and yeah salah satu sebab aku suka Malaysia ialah kerana banyak shoping mall ! kalau kamu mahu murah semua barang negara takkan majulah , tengok macam singapore , maju sbb harga barang diorang bermutu and mahal,and yeah , buat pengetahuan kalian,mobil jenama Malaysia iaitu Proton telah dijadikan kereta peronda polis UK juga telah menembusi pasaran Luar negara , Google it , that's why i love Malaysia more than my country , singapore :) Malaysia Truly Asia! btw i love Nasi Lemak :3

    ReplyDelete
  18. betol betol betol pemikiran orang yang maju dengan yang mundur banyak bedanya

    ReplyDelete
  19. Mall:
    Jkt 70 mall (terbanyak di dunia!)
    KL Kurang dari 10
    Temen ane orang KL datang ke Jkt terbengong-bengong lihat mall di Jkt yg katanya "Alamak desainnya cantik-cantik, kami takjub!" Mereka emang norak waktu di Jkt, soalnya Suria KLCC (mall di bawah menara Petronas) yg dibanggain ternyata kalah bagus dibanding Taman Anggrek.

    Grosir:
    Jkt Tanah Abang pusat grosir terbesar di Asia Tenggara
    KL (tdk ada)
    Jumlah bioskop:
    Jkt 150
    KL 15

    Jumlah hotel:
    Jkt 146 hotel berbintang (angka 2008)
    KL 75 hotel berbintang

    Universitas:
    Jkt Banyak menghasilkan juara olimpiade ilmiah dunia.
    Kl (tdk terdengar)

    ReplyDelete
  20. wah jadi kangen KL. KL emang rapi, tapi pembauran etnisnya kurang. maksudnya yang etnis A mainnya sama etnis A aja. yang B mainnya cuma sama B. maaf bukan bermaksud SARA.

    ReplyDelete
  21. wah jadi kangen KL. KL emang rapi, tapi pembauran etnisnya kurang. maksudnya yang etnis A mainnya sama etnis A aja. yang B mainnya cuma sama B. maaf bukan bermaksud SARA.

    ReplyDelete
  22. Kuala Lumpur (KL) merupakan tem ke-4 for the best shopping place in the world,
    dan Mid Valley Mega Mall adalah tempat keenam bagi shopping mall yg trbsar di ddunia ,KLCC juga adalah tempat ke 5 bagi menara tertinggi di dunia - so malaysia is more better la :)
    btw, knpe orng indonesia ramai tak suke org malaysia ek.. ??

    ReplyDelete
  23. Kuala Lumpur (KL) ialah tempat ke-4 for the best shoppling place in the world
    Mid Valley me mall pula ialah tempat ke 6 bagi shopping mall yg trbesar di dunia
    KLCC pula ialah tempt ke-5 bagi menara tertinggi di duia - (cume fakta)
    so , malaysia is more better , jadi kenapa orng indon prlu brlagak dngn malaysia
    by the way , knpe orng indonesia ramai tak suke org malaysia ..???

    ReplyDelete
  24. jauh lah bagusan kuala lumpur dibanding jakarta. ane sendiri orang jakarta mengakuinnya kok. buktinya aja turis yang ke malaysia jauh lebih banyak dari indonesia. heran sama kebanyakan orang indonesia yang gamau kalah

    ReplyDelete
  25. Im from KL n i can agree more with the commenters who said KL is much further developed than JKT cuz ive been to JKT in 2012...anyway i miss jakarta so much..haha

    ReplyDelete
  26. Malaysia Truly Asia..welcome to Kuala Lumpur

    ReplyDelete
  27. Tokyo, new york, beijing, london, munich, & byk lg kok bandar nya besar2 dr jakarta.. Bisa maju.. Tp jakarta??? Pikirin sendiri

    ReplyDelete
  28. Saya WNI asli yang sudah 3tahun menetap di KL. Jika bicara soal perekonomian dan sektor bisnis ataupun usaha, Jakarta jauh lebih maju. Soal shopping mall, restaurant dan night entertainment Jakarta juga juaranya. Hanya saja, kenapa KL lebih banyak turis, karena pemerintah KL memang fokus dalam pariwisata. Pemerintah disana memang menjaring banyak wisatawan asing dengan menyediakan fasilitas yg sangat baik untuk turis. Hal ini menjadikan kita sebagai pendatang sangat nyaman untuk berjalan-jalan di kota KL. Lain halnya diJakarta, walau Jakarta memiliki banyak tempat yg sangat modern dan maju tapi penataannya tidak teratur. Dan fasilitas untuk wisatawan sama sekali tidak ada. Kemajuan tempat hiburan masyarakat Jakarta hanya dapat dinikmati oleh warga lokal saja. Sebagai pendatang akan kebingungan jika berjalan-jalan di kota Jakarta. KL memang adalah tempat wisata yg sangat menarik. Tapi Jakarta juga tidak kalah, hanya penataannya saja yg belum tepat. Dan soal rasis, tergantung individunya.. Saya disini berteman dengan semua jenis etnis yg ada di kL, baik itu india, arab, chinese ataupun penduduk melayu aslinya. Tidak ada yg rasis sama sekali.

    ReplyDelete
  29. Saya WNI asli yang sudah 3tahun menetap di KL. Jika bicara soal perekonomian dan sektor bisnis ataupun usaha, Jakarta jauh lebih maju. Soal shopping mall, restaurant dan night entertainment Jakarta juga juaranya. Hanya saja, kenapa KL lebih banyak turis, karena pemerintah KL memang fokus dalam pariwisata. Pemerintah disana memang menjaring banyak wisatawan asing dengan menyediakan fasilitas yg sangat baik untuk turis. Hal ini menjadikan kita sebagai pendatang sangat nyaman untuk berjalan-jalan di kota KL. Lain halnya diJakarta, walau Jakarta memiliki banyak tempat yg sangat modern dan maju tapi penataannya tidak teratur. Dan fasilitas untuk wisatawan sama sekali tidak ada. Kemajuan tempat hiburan masyarakat Jakarta hanya dapat dinikmati oleh warga lokal saja. Sebagai pendatang akan kebingungan jika berjalan-jalan di kota Jakarta. KL memang adalah tempat wisata yg sangat menarik. Tapi Jakarta juga tidak kalah, hanya penataannya saja yg belum tepat. Dan soal rasis, tergantung individunya.. Saya disini berteman dengan semua jenis etnis yg ada di kL, baik itu india, arab, chinese ataupun penduduk melayu aslinya. Tidak ada yg rasis sama sekali.

    ReplyDelete
  30. kalo saya lihat, mall di KL juga gak kalah banyak dari jakarta bahkan ada yg lebih besar dan bagus,, dan yang terpenting KL masuk jajaran 10 kota paling banyak dikunjungi turis asing di dunia,,

    ReplyDelete
  31. Aku mengakui bahawa Kuala Lumpur (KL) agak sempik kerena dipenuhi dengan gedung pencakar langit . Tapi aku juga mengakui bahawa jalan mereka agak besar Dan tidak Ada kesesatan lalu lintas

    ReplyDelete
  32. saya sudah pernah ke KL, n saya bandingkan Jakarta kota yang 3 kali besar daripada n Jakarta juga sangat maju atau totalitas dalam design, mall, industri n hiburan...n saya juga mengakui KL maju dlm transportasi atau akses yang sangat mudah...ayoo jakarta segerakan MRT n pelayanan publik lainnya biar maju

    ReplyDelete
  33. Bongong pada mau kalah ya, barangkali sikap patriotisme mempertahan tanah air .Ranking 2010-2015 RI hanya duduk di peringkat ke 4 - 5 ASEAN.emang memeritkan cuma bukan di semua bidang kita kalah berbanding M'sia ya.Mungkin saja tahap kemakmuran dan Perekonomian kita kalah saing.Dari sudut lain RI masih mengejar ketertinggalan di belakang Philipina dan juga Thailand ,bahkan Malaysia di no 2 ASEAN cuba untuk mengejar Singapura.

    ReplyDelete
  34. aku tki di malaysia. Sudah 12 tahun tinggal di kuala lumpur. Pas kemaren pulang aq singgah ke jakarta slma 3 hari. Dan stlah keliling melihat pemandangan kota jakarta. ternyata aku jauh lebih mengagumi jakarta di banding kuala lumpur.

    ReplyDelete
  35. aku tki di malaysia. Sudah 12 tahun tinggal di kuala lumpur. Pas kemaren pulang aq singgah ke jakarta slma 3 hari. Dan stlah keliling melihat pemandangan kota jakarta. ternyata aku jauh lebih mengagumi jakarta di banding kuala lumpur.

    ReplyDelete
  36. Bt turis luar, jakarta vs malaysia pasti milih malaysia..knp? Infrasteuktur baik bt turis, jdi bkn mall doang yg diliat....dri 10 turis yg di interview prnh dtg jkt, 10 org bakal bilang macetnya ga nahan, banjir pas musim hujan, kotor, ga ada hal menarik utk diliat selain mall.....tpi walaupun gtu tetep ada positifnya sprti makanan enak, org nya ramah, bahasanya mudah dipelajari.......jdi kelemahan memang di infrastruktur sprti transportasi dan org2nya yg jorok (buang sampah + maaf kaki lima yg jualan makanan hrsnya pake sarung tangan plastik) ....klo ini bisa diatasi turis pasti bakal sangat minat ksini

    ReplyDelete
  37. Jakarta n kl aq kira qrenan jakarta dr segi mall atau properti tp klw dr kerapihan tata kota n transport aq akui kl lebih qren,mungkin klw mrt n lrt jkrta da selesai seimbang dngn kl,dikl jg bnyk tmpt kumuhnya dkt klcc lg kumuhnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ^_^