Home » , » Gurun di Pantai Fuwairit

Gurun di Pantai Fuwairit

Written By Isti on Friday 30 September 2011 | 16:19

Jika kita menyebut Negara Arab, pastilah yang terbayang hanya gurun pasir, debu, batu dan onta. Tapi Qatar, salah satu Negara yang berada di Timur Tengah menjelma menjadi Negara modern yang tidak meninggalkan ciri khas Islamnya.

Penduduk aslinya, yang biasa disebut Qatari, masih menggunakan pakaian tradisional mereka ditengah pembangunan besar-besaran di Doha, ibukota Qatar. Prianya masih menggunakan abaya putih dan keffiyeh dikepalanya, serta yang wanita mengenakan abaya hitam. Ini jugalah yang membedakan mereka dengan para pendatang yang datang ke Doha.

Doha yang terletak di Teluk Persia banyak dikeliling pantai. Yang membedakan pantai di Doha dengan di Indonesia, disini pantainya tenang sekali. Hampir tidak ada ombak. Jadi cukup aman bagi anak-anak untuk bermain di pantai.

Salah satu Pantai di Doha adalah pantai Fuwairit yang berada sekitar 1 jam dari Doha. Selama di perjalanan, kita hanya melihat gurun pasir dan beberapa pembangunan yang belum selesai. Dan beberapa onta yang berkeliaran di gurun. Nyaris tidak ada pohon disepanjang perjalanan.

Sesampai disana, hamparan gurun terbentang luas, dengan pantai biru yang mempesona. Biasanya kalau sedang weekend orang Arab suka berkemah disini sambil berbbq. Karena saya datangnya bukan hari libur, jadi hanya sedikit wisatawan yang datang. Hanya kami dan beberapa orang Kanada serta penduduk local yang berlibur disana.

Pasir yang tebal membuat mobil kami hampir saja terpartir di pasir yang tebal. Alhasil, kami parkir agak jauh dari bibir pantai. Pantai Fuwairit belum dikelola dengan baik. Jangan bayangkan ada pondok-pondokan seperti pantai di Indonesia. Atau ada penjual makanan yang datang atau tempat makan disana. Biasanya orang yang berlibur kesini, sudah membawa makanan sendiri dari rumah dan bawa tikar untuk duduk-duduk di pantai.

Fathan dan Faiza asyik bermain di pasir, mencari kerang ataupun membangun rumah-rumahan. Dan sempat menuliskan I Love Indonesia di pasir. Ternyata anak-anak ini tetap cinta Indonesia walaupun sudah tinggal di luar negeri. hehe..


.


SHARE

About Isti

3 comments :

  1. ini pantainya luas dan dangkal yah.. suasana pantai yang bener2 sangat berbeda.. :)

    ReplyDelete
  2. wuidih.. skrg tinggal di Qatar ya, mba?

    ReplyDelete
  3. wuih.. keliatannya panas banget yah.. tapi bisa gitu mainan di pantai sepanas itu..

    Qataar.. ah saya memimpikan untuk bisa kesana juga.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ^_^